Skip to main content

Waspadai Penipuan di Internet

Banyak website atau blog yang suka merayu pembacanya dengan kata-kata yang manis yang menyebabkan pembacanya menjadi semakin tersesat dari kebingungannya. Penulis seperti itu biasanya bermaksud sekedar copy paste untuk meningkatkan trafik kunjungan atau berjualan sesuatu yang sama sekali tidak layak untuk dibeli.

beberapa kalimat yang perlu diwaspadai :
  • Cari uang di internet itu gampang.
  • Duduk diam dapat duit
  • Sekarang saya sudah tidak perlu bekerja lagi
  • Bukti penghasilan saya perbulan (dengan gambar rekening palsu)
  • Hanya modal koneksi internet menjadi kaya
  • Bayar biaya pendaftaran untuk mesin uang
  • Sekarang ada software penghasil uang
  • Tidak perlu pusing memikirkan uang (penulisnya sendiri pusing pasang iklan untuk nyari korban)
  • Mendapatkan hadiah
  • Dll.
Cari uang di internet itu dikatakan sangat gampang, bahkan ulasannya membuatnya terdengar lebih gampang dari pekerjaan apapun. Hanya dengan bermodalkan klak klik klak klik maka uang dengan mudahnya mengalir begitu saja. 

Jangan lupa kalau begitu gampang mencari uang di internet maka tidak akan ada lagi orang miskin. Semua kantor perusahaan akan tutup, penjual makanan tidak akan berjualan lagi karena uang yang didapatkan lebih banyak karena lebih gampang mencarinya di internet. Semua PNS akan pensiun muda dan tidak ada lagi yang mau menjadi PNS karena internet telah menjamin penghidupannya. Rumah sakit juga tutup karena semua dokter dan perawatnya dipecat gara-gara tidak pernah bekerja sebab para karyawan lagi asik dapat duit dari internet. Dan semua orang di dunia tidak ada yang bekerja karena semuanya hanya duduk diam dapat duit dari internet.

Di dunia ini tidak ada hasil tanpa usaha. Semua yang kita hasilkan haruslah melalui usaha terlebih dahulu dan dengan begitu hasilnya pun lebih awet. Sekalipun di Internet, usaha yang diperlukan lebih banyak daripada dunia nyata (usaha offline). 

Misalnya saja buka toko online, modal yang diperlukan sangat mungkin melebihi harga kontrakan warung tetangga. Jaman sekarang banyak penipuan, toko online yang dibangun tidak serta merta dipercaya masyarakat akibat maraknya dari penipuan tersebut. Untuk menumbuhkan kepercayaan pengunjung, maka tekhnis websitenya sendiri harus dipegang oleh tenaga ahli, juga diikuti dengan keamanan yang terjamin dan tidak abal-abal. Jangan sekali-kali berpikiran bahwa web gratisan bisa mendatangkan pembeli karena meskipun itu mungkin tetapi akan sangat sulit karena sesuatu gratisan biasanya dipakai untuk tipu menipu masyarakat. 

Tumbuhnya kepercayaan pengunjung biasanya pertama-tama akan diihat dari segi tampilan websitenya, kemudian memastikan keamanannya apakah memiliki sertifikat dari perusahan security ternama seperti kaversky, dll. Apakah toko online ini sering beriklan ? jika toko online sering dipromosikan di TV nasional maka akan lebih mudah menarik kepercayaan masyarakat karena kita tahu menayangkan iklan di TV nasional memerlukan biaya yang mahal dan tentunya penjual merek tipu-menipu tidak akan pernah pasang iklan di TV. Berikutnya adalah ketersediaan barang dan cara pembayarannya. Jika pembeli harus melakukan SMS terlebih dahulu sebelum membeli maka 1 tahun pertama biasanya tidak akan ada yang beli kemudian 1 tahun berikutnya kita sendiri lupa dengan alamat situs yang telah kita buat. 

Dengan demikian, tidaklah dapat dibilang gampang mencari uang di internet. Kendala umum yang paling sulit dari contoh usaha toko online di atas adalah modal. Silahkan dihitung berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membangun toko online. 

Beberapa hal yang paling sering disamarkan dari kondisi nyata adalah sebagai berikut :
  • Menghasilkan uang banyak dari blog
    Hanya dengan membuat blog gratisan kenyataannya tidak akan mendatangkan uang dalam waktu yang cepat. Perlu banyak waktu agar menghasilkan. Blog haruslah disertai tulisan yang memang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pengguna internet. Sekalipun berguna dan berhasil mendapatkan iklan, penghasilannya dari iklan pun akan sangat sedikit jika itu merupakan blog gratisan karena tarif klik blog gratisan dan berbayar itu sangat berbeda. Jika targetnya para blogger maka penghasilan blog bisa dipastikan sangat amat sedikit, karena bloger umumnya tidak mau ngeklik iklan.
    Beda halnya dengan bloger profesional yang memang menghasilkan banyak uang. Blog yang sukses biasanya tidak dikelola sendiri dan tentu saja ada sokongan modal yang cukup dalam pembuatannya. Baik modal dalam pembuatan template design maupun konten yang ada didalamnya dikerjakan oleh profesional. Namun pada kenyataannya, dari segi persentase pengguna blog tidak banyak yang berpredikat sebagai bloger profesional.
  • Upload - Download Dapat Imbalan.
    Download software atau apapun yang mengharuskan survey terlebih sebelum download biasanya adalah scam atau penipuan. Survey yang dilakukan tidak akan pernah selesai meskipun selesai dan berhasil mendownload software tersebut biasanya akan sia-sia karena yang didownload adalah software abal-abal. Target dari modus seperti ini yakni pengunjung mau melakukan survey dan mereka mendapatkan keuntungan dari hal itu.
    Dan yang paling menggelikan, yang meng-upload pun butuh waktu lama agar bisa mencairkan keuntungannya. Dan saya yakini hanya 1 dari 100 orang yang berhasil menghasilkan uang dengan cara ini.  Kalau bisa jangan mengikuti jejak ini karena umumnya syarat jumlah download yang diharuskan sangatlah besar. 
  • Mendapat Hadiah Grand Prize dll.
    Tiba-tiba ada tampilan yang mengatakan anda mendapat hadiah. Tanpa pernah ikut undian atau aktivitas apapun hadiah menghampiri anda. Aneh bukan ? Orang putus asa atau serakah akan cepat kena tipuan seperti ini, maka dari itu janganlah putus asa atau serakah berpikirlah sejenak bahwa sesuatu selalu diraih dengan usaha terlebih dahulu. Hadiah yang ditawarkan biasanya hanya iklan semata. Tidak lain dan tidak bukan mirip dengan "SMS menang undian yang ujung-ujungya transfer uang"
    Pada website abal-abal akan ada banyak komen yang membenarkan bahwa hadiahnya memang benar-benar ada. Janganlah percaya dengan komen-komen halus dan menyesatkan karena umumnya dibuat oleh yang punya website itu sendiri. 

Comments

Popular posts from this blog

Agar Body HP Tidak Lecet

Sudah alami jika kita mencintai suatu barang maka kita tidak mau barang tersebut menjadi kotor, tergores dan sebagainya. Lantas bagaimana dengan HP kesayangan anda ?? Mari kita simak beberapa tips sederhana berikut : Gunakan pelindung HP (softcase , hardcase , dll) Gunakan pelindung HP yang jika memungkinkan mampu menutupi seluruh body HP sehingga tidak rentan dengan goresan pasir, benda tajam dan benda-benda keras lainnya.

6 Keuntungan Menerima Diri Sendiri

Merasa tertekan karena harus menyesuaikan diri berdasarkan apa yang orang lain inginkan. Merasa rendah diri karena tidak dapat meraih apa yang orang lain raih. Terus meratapi nasib, mungkin sempat berpikir bahwa ini karena takdir.  Pikiran menjadi tertutup karena terus menerus memikirkan bagaimana caranya agar mencapai lebih dari orang lain capai namun ujungnya tetap sama karena kenyataannya hal itu masih jauh di ujung sana. Jangan lupakan tentang diri kita sendiri, kita diciptakan dan tumbuh dengan minat, bakat, motivasi, pengetahuan yang berbeda. Kita tidak mungkin menjadi sama seperti mereka. 

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Membeli Laptop atau PC Baru

Teknologi semakin canggih, berkembang pesat dan perkembangannya hanya mampu dibatasi oleh keterbatasan manusia itu sendiri. Begitu juga dengan tekhnologi cyber baik dari segi negatif maupun positif. Segi negatif seperti virus, malware dan lain sebagainya diciptakan sedemikian rupa untuk mengancam sasaran baik secara spesific maupun general. Mengimbangi hal itu, teknologi positif seperti keamanan juga berkembang berbarengan. Tidak ada celah untuk menerima sisi positif saja, ataupun negatifnya saja. Semua serba berimbang, positif dan negatif selalu berdampingan dan hal itu tak dapat terbantahkan lagi. Dalam dunia cyber ada pengerusakan - pengamanan, penghancuran - perbaikan, penjebolan - pertahanan dan lainnya yang akan tetap berlangsung secara terus-menerus. Begitu juga dengan pengguna cyber harus mengupayakan sisi positif secara terus-menerus agar dapat terbebas dari serangan hal-hal negatif yang dapat mengancam. Hal ini akan lebih baik jika dilakukan sejak dini yaitu se