Skip to main content

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Membeli Laptop atau PC Baru

Teknologi semakin canggih, berkembang pesat dan perkembangannya hanya mampu dibatasi oleh keterbatasan manusia itu sendiri. Begitu juga dengan tekhnologi cyber baik dari segi negatif maupun positif. Segi negatif seperti virus, malware dan lain sebagainya diciptakan sedemikian rupa untuk mengancam sasaran baik secara spesific maupun general. Mengimbangi hal itu, teknologi positif seperti keamanan juga berkembang berbarengan.

Tidak ada celah untuk menerima sisi positif saja, ataupun negatifnya saja. Semua serba berimbang, positif dan negatif selalu berdampingan dan hal itu tak dapat terbantahkan lagi. Dalam dunia cyber ada pengerusakan - pengamanan, penghancuran - perbaikan, penjebolan - pertahanan dan lainnya yang akan tetap berlangsung secara terus-menerus.

Begitu juga dengan pengguna cyber harus mengupayakan sisi positif secara terus-menerus agar dapat terbebas dari serangan hal-hal negatif yang dapat mengancam. Hal ini akan lebih baik jika dilakukan sejak dini yaitu semenjak membeli Laptop atau PC di pasaran. Tidak terbatas hanya berpikir dari serangan cyber saja tetapi juga kenyamanan serta keawetan barang. Untuk itu berikut 6 hal sederhana yang perlu dilakukan agar dapat tetap aman, nyaman, dan awet.
  1. Menggunakan Screen Protector. Pelindung layar bukan untuk melindungi serangan dari dunia cyber tetapi serangan dari jari tangan kita sendiri. Untuk menjamin keberlangsungan layar LCD / Led maka pelindung layar adalah hal yang pertama kali perlu dipasang saat membeli laptop.
  2. Pelindung Keyboard. Pelindung keyboard melindungi dari serangan debu, khususnya bagi perokok yang suka ngetik sambil merokok. Jika abu rokok jatuh mengenai laptop maka akan berpotensi menimbulkan ketidaknormalan pada fungsi tombol keyboard.
  3. Seting Regional. Setingan regional pada Control Panel > Regional > Indonesia. Setingan regional sangat membantu pada pengerjaan excel. Satuan yang digunakan akan sesuai dengan satuan yang digunakan di Indonesia , bukan lagi Inch tetapi Centimeter dan masih banyak manfaat lain dari seting regional ini.
  4. Seting Waktu. Waktu harus disesuaikan terlebih dahulu agar waktu di Laptop sesuai dengan waktu sebenarnya. Klik Jam pada pojok kanan bawah dan pilih GMT 7 untuk WIB, GMT 8 untuk WITA dan GMT 9 untuk WIT. 
  5. Instal Antivirus. Install antivirus yang terpercaya baik antivirus Internasional maupun lokal. Saya pribadi merekomendasikan Avast, kaversky dan Smadav. Avast, Kaversky untuk virus global dan smadav untuk melawan virus lokal. Jika diinstall sejak awal maka komputer akan menjadi aman.
  6. Install Firewall. Firewall memonitor dan memastikan kita mengetahui aktivitas yang terjadi pada Laptop / PC. Jika ternyata ada aplikasi yang secara diam-diam mengirimkan data atau menghubungkan kita ke Internet maka kita akan segera diberitahu dan mengonfirmasi apakah aplikasi tersebut memang diharapkan berjalan atau memang berusaha menyelinap. Dalam urusan firewall saya rekomendasikan Comodo Firewall. 

Comments

Popular posts from this blog

Agar Body HP Tidak Lecet

Sudah alami jika kita mencintai suatu barang maka kita tidak mau barang tersebut menjadi kotor, tergores dan sebagainya. Lantas bagaimana dengan HP kesayangan anda ?? Mari kita simak beberapa tips sederhana berikut : Gunakan pelindung HP (softcase , hardcase , dll) Gunakan pelindung HP yang jika memungkinkan mampu menutupi seluruh body HP sehingga tidak rentan dengan goresan pasir, benda tajam dan benda-benda keras lainnya.

6 Keuntungan Menerima Diri Sendiri

Merasa tertekan karena harus menyesuaikan diri berdasarkan apa yang orang lain inginkan. Merasa rendah diri karena tidak dapat meraih apa yang orang lain raih. Terus meratapi nasib, mungkin sempat berpikir bahwa ini karena takdir.  Pikiran menjadi tertutup karena terus menerus memikirkan bagaimana caranya agar mencapai lebih dari orang lain capai namun ujungnya tetap sama karena kenyataannya hal itu masih jauh di ujung sana. Jangan lupakan tentang diri kita sendiri, kita diciptakan dan tumbuh dengan minat, bakat, motivasi, pengetahuan yang berbeda. Kita tidak mungkin menjadi sama seperti mereka.