Skip to main content

Cara hemat listrik.

Bahan Bakar Minyak semakin mahal yang diikuti dengan naiknya harga listrik karena banyak pembangkit tenaga listrik menggunakan BBM. Apabila tidak dihemat maka pengeluaran biaya listrik tiap bulannya akan semakin membengkak. Begini cara agar hemat dalam menggunakan listrik.

  • Ganti semua lampu pijar dengan lampu neon. Lampu pijar lebih banyak menyedot daya namun terangnya tidak seberapa dibandingkan lampu neon yang konsumsi dayanya lebih irit. Bila perlu ganti semua lampu dengan lampu LED. Lampu Led jauh lebih hemat sehingga hal ini mampu mengurangi tagihan listrik tiap bulannya.
  • Ganti Layar Elektronik seperti TV tabung , Monitor Komputer Tabung dengan layar LED. Layar LED lebih irit konsumsi daya listriknya ketimbang TV atau Monitor tabung. 
  • Cabut semua peratalan elektronik yang tidak terpakai (Kecuali Kulkas) dari colokan karena meskipun dalam keadaan mati ternyata juga mengkonsumsi daya listrik meski dalam kapasitas yang kecil. Namun bila dikalikan dalam satu bulan juga menjadi besar.
  • Kurangi penggunaan Elektronik yang dalam kerjanya bersifat memanaskan atau memutar seperti setrika dan mesin cuci. Jika ingin menyetrika atau mencuci lebih baik dalam kapasitas yang besar karena konsumsi daya saat menyalakan peralatan tersebut pertama kali lumayan besar. Jangan menyetrika atau mencuci 1 baju saja karena konsumsi dayanya dapat setara dengan 15 baju sekaligus.
  • Matikan lampu saat akan hendak tidur. 1 atau 2 lampu cukup untuk menerangi rumah hingga menjelang pagi. Jangan takut dengan gelap karena hantu sebenarnya tidak peduli dengan hidup atau matinya lampu. Kalau mereka memang ada ditempat tertentu meskipun dihidupkan 10 lampu sekaligus mereka akan tetap ada disitu. Hihihihihihi…. :D Hehe
  • Tempatkan lampu pada tempat yang strategis, misalnya 1 lampu dapat menerangi area yang luas. Matikan semua lampu yang bersifat hiasan karena sangat tidak efisien dalam konsumsi daya dan tidak efektif untuk penerangan.
  • Gunakan kabel yang memadai. Jangan menggunakan kabel serabut karena daya listrik banyak terbuang menjadi energi panas jika menggunakan kabel serabut. Jika terlalu panas juga akan menimbulkan korsleting atau kebakaran. Kabel serabut biasanya digunakan untuk setrum DC saja atau listrik yang berdaya rendah.

  • Makin besar daya listrik kilometer maka makin mahal pula tarifnya. Jika tidak kekurangan listrik maka tidak ada gunanya menaikkan daya listrik. Apabila sewaktu-waktu memerlukan listrik yang cukup banyak (acara pesta perkawinan dll) kita bisa menyewa sementara listrik tetangga sehingga kita tidak perlu menanggung tarif yang mahal setiap bulannya.
  • Hindari pemakaian listrik pada jam-jam sibuk misalnya sore menjelang malam karena tarif listrik bisa saja lebih mahal pada jam-jam seperti itu. Sehingga apabila menggunakan pompa air lebih baik diisi pada siang hari untuk digunakan pada sore harinya.

  • Gunakan api untuk memasak air/nasi. Hindari penggunaan perlengkapan elektronik dalam memasak air karena konsumsi listrik alat seperti itu cukup lumayan dalam mengkonsumsi daya.

Tips : Berhemat merupakan kebiasaan. Bila terasa sulit, kita dapat memasang alarm pada Ponsel untuk mengingatkan kita untuk mencabut atau mematikan perangkat elektronik yang tidak terpakai.



Comments

Popular posts from this blog

Agar Body HP Tidak Lecet

Sudah alami jika kita mencintai suatu barang maka kita tidak mau barang tersebut menjadi kotor, tergores dan sebagainya. Lantas bagaimana dengan HP kesayangan anda ?? Mari kita simak beberapa tips sederhana berikut : Gunakan pelindung HP (softcase , hardcase , dll) Gunakan pelindung HP yang jika memungkinkan mampu menutupi seluruh body HP sehingga tidak rentan dengan goresan pasir, benda tajam dan benda-benda keras lainnya.

6 Keuntungan Menerima Diri Sendiri

Merasa tertekan karena harus menyesuaikan diri berdasarkan apa yang orang lain inginkan. Merasa rendah diri karena tidak dapat meraih apa yang orang lain raih. Terus meratapi nasib, mungkin sempat berpikir bahwa ini karena takdir.  Pikiran menjadi tertutup karena terus menerus memikirkan bagaimana caranya agar mencapai lebih dari orang lain capai namun ujungnya tetap sama karena kenyataannya hal itu masih jauh di ujung sana. Jangan lupakan tentang diri kita sendiri, kita diciptakan dan tumbuh dengan minat, bakat, motivasi, pengetahuan yang berbeda. Kita tidak mungkin menjadi sama seperti mereka. 

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Membeli Laptop atau PC Baru

Teknologi semakin canggih, berkembang pesat dan perkembangannya hanya mampu dibatasi oleh keterbatasan manusia itu sendiri. Begitu juga dengan tekhnologi cyber baik dari segi negatif maupun positif. Segi negatif seperti virus, malware dan lain sebagainya diciptakan sedemikian rupa untuk mengancam sasaran baik secara spesific maupun general. Mengimbangi hal itu, teknologi positif seperti keamanan juga berkembang berbarengan. Tidak ada celah untuk menerima sisi positif saja, ataupun negatifnya saja. Semua serba berimbang, positif dan negatif selalu berdampingan dan hal itu tak dapat terbantahkan lagi. Dalam dunia cyber ada pengerusakan - pengamanan, penghancuran - perbaikan, penjebolan - pertahanan dan lainnya yang akan tetap berlangsung secara terus-menerus. Begitu juga dengan pengguna cyber harus mengupayakan sisi positif secara terus-menerus agar dapat terbebas dari serangan hal-hal negatif yang dapat mengancam. Hal ini akan lebih baik jika dilakukan sejak dini yaitu se